Digital marketing adalah salah satu skill penting yang wajib kamu kuasai untuk memasarkan produk atau layanan. Kenapa begitu?
Karena, digital marketing memungkinkan strategi promosi kamu lebih praktis dan efektif. Caranya dengan memanfaatkan berbagai platform digital (mesin pencari, media sosial, perangkat seluler, dll).
Tak heran, saat ini banyak perusahaan dan bisnis membutuhkan digital marketing expert. Faktanya, 89% perusahaan telah mengadopsi strategi digital marketing.
Nah, jika kamu berminat menjadi digital marketing expert yang sukses, yuk mulai dengan mempelajari apa itu digital marketing dan hal-hal penting di dalamnya!
Pengertian, Manfaat, dan Contoh dari Digital Marketing
Apa Itu Digital Marketing?
Digital marketing adalah upaya pemasaran produk dengan media digital dan jaringan internet. Seperti WhatsApp Bisnis, website, Google tools seperti Google Bisnisku, dan platform lainnya.
Faktanya, pengguna internet di dunia sudah 4,8 miliar orang lebih (Data Reportal). Itu artinya, makin banyak orang terhubung dengan internet sehingga upaya digital marketing mulai diperlukan.
Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis kamu
Berikut deretan manfaat digital marketing yang sayang untuk kamu lewatkan:
Jangkauan Tepat Sasaran
Manfaat digital marketing yang pertama, jangkauannya tepat sasaran. Sebab, kamu bisa membidik audiens secara spesifik. Mulai dari wilayah, umur, gender, hingga detail lainnya.
Misalnya, kamu memakai Facebook Ads dan menargetkan iklan untuk semua orang dengan usia 21-65 tahun di Mojokerto yang tertarik dengan produk gratis.
Dengan teknologi machine learning yang diterapkan berbagai platform ads online, iklan tersebut hanya akan muncul ke audiens yang histori pencarian, transaksi, dan minatnya sesuai dengan iklan kamu. Alhasil, ads kamu pun lebih lebih efisien dan efektif meraih tujuannya.
Hemat Biaya
Manfaat digital marketing berikutnya, hemat biaya. Bahkan, kamu bebas menentukan budget sendiri, lho.
Mampu Menjalin Komunikasi Personal dengan Calon Pelanggan
Dengan digital marketing, kamu mampu menjalin komunikasi personal atau personalized marketing dengan calon pelanggan.
Tentu ini penting, mengingat 80% pelanggan cenderung membeli produk atau layanan dari merek yang memberikan pengalaman yang dipersonalisasi. Tak heran, personalized marketing menjadi salah satu trend bisnis online.
Nah, personalized marketing ini mungkin dilakukan karena beragam tools digital marketing mampu merekam data real-time hasil respons iklan. Seperti demografi, jangkauan, siapa yang merespon, dll.
Memperkuat Brand Awareness
Digital marketing adalah salah satu cara ampuh untuk memperkuat brand awareness. Brand awareness sendiri merupakan rasa familiar yang dimiliki pelanggan atas sebuah produk atau jasa.
Kenapa digital marketing bagus untuk brand awareness? Alasannya, digital marketing mampu meningkatkan paparan brand ke target audiens-nya. Apalagi, channel digital marketing itu beragam.
Dengan channel marketing yang beragam, promosi kamu bisa sampai ke target audiens berkali-kali.
Eksekusi Lebih Cepat dan Sesuai Keinginan
Manfaat lain dari digital marketing adalah eksekusinya yang cenderung lebih cepat dibanding praktik pemasaran konvensional. Bahkan, kamu bisa menjalankannya dalam waktu harian saja.